Resep Pengobatan Berbahan Daun Cabe Besar (Capsicum annuum L.)

Cabe biasanya diolah dalam bentuk sambal dan merupakan teman makan yang enak. Tanaman cabe ini awalnya berasal dari Amerika tropis, tersebar dari Meksiko hingga bagian utara Amerika Selatan. Habitus perdu tegak, bisa mencapai tinggi 1 – 2,5 m, setahun ataupun menahun. Batangnya berkayu, berbuku-buku, percabangan lebar, penampang bersegi, batang muda hijau dan berambut halus. Daun tunggal, berbentuk bulat telur sampai elips, panjang 1,5 – 12 cm dan lebar 1 – 5 cm, ujungnya runcing, pangkal meruncing, tuang daun menyirip, tepi rata, hijau, bertangkai sepanjang 0,5 – 2,5 cm, dan terletak tersebar. Bunga tunggal keluar dan ketiak daun, berbentuk bintang berwarna putih.

Buahnya termasuk buah buni, bentuknya kerucut memanjang, bengkok, atau lurus, meruncing di ujungnya, menggantung, permukaan licin mengkilap, panjang 4 – 17 cm, diameter 1 – 2 cm, bertangkai pendek, dan berasa pedas. Saat muda buah berwarna hijau tua, dengan biji berwarna kuning. Tapi saat tua buah menjadi merah cerah dengan biji berwarna cokat. Bijinya pipih dan berdiameter 4 mm. Tanaman ini memiliki banyak varietas dan kultivar yang dibedakan atas dasar bentuk, rasa pedas, ukuran, dan warna buahnya. Jika ¡ngin memperbanyak tanaman ini Anda bisa menyemai bijinya.

Resep Pengobatan Berbahan Daun Cabe Besar (Capsicum annuum L.)Tekstur daun cabe besar tidak terlalu besar tetapi mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan. Daun cabe berbeda sekali dengan daun yang daun paprika, yang merupakan masih dalam satu kategori. Dalam daun paprika terdapat racun, sehingga untuk mengolahnya harus hati-hati, sedangkan daun cabe besar sedikit efek sampingnya serta mudah mengolahnya.

Kandungan yang terdapat pada cabe besar tidak sebanyak kandungan dalam buahnya, tetapi walaupun kandungannya sedikit daun cabe besar mempunyai manfaat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan. Adapun kandungan yang terdapat pada daun cabe besar diantaranya: serat, zat besi dan kalsium. Kandungan dalam getah daun cabe besar yang dimanfaatkan untuk kesehatan dan pengobatan, diantaranya getah daun cabe besar yang masih muda dapat memudahkan dalam persalinan, mengobati sakit gigi, bisul, luka dan meredakan gejala tipes.

Baca Juga:  Khasiat Daun Kembang Pukul Empat (Mirabilis jalapa L.) untuk Mengobati Bisul

Berikut adalah beberapa resep pengobatan berbahan daun cabe besar yaitu:

Mengobati Luka

Cara pembuatan:

  • Oleskan minyak sayur pada beberapa helai daun cabai besar
  • Lalu layukan di atas api kecil
  • Kemudian tempelkan daun cabal tersebut selagi hangat pada bagian kulit yang terluka

Mengobati Bisul

Cara pembuatan ramuan untuk mengobati bisul sama dengan cara mengobati luka.

Meredakan Gejala Tipes

  • Rebuslah daun cabe besar secukupnya dalam 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas
  • Lalu minumlah sampai sembuh

Demikianlah beberapa resep pengobatan berbahan daun cabe besar yang dapat anda gunakan untuk mengobati beberapa penyakit.