Manfaat Daun Borocco (Celosia argentea L) dan Bunga Lilin (Pachystachys lutea L.)

Manfaat Daun Borocco

Borocco dikenal dengan nama daerah bayam kucing, bayam ekor belanda, dan kuntha. Anggota famili Amaranthaceae ini tumbuh tegak di tepi jalan, selokan, atau tanah lapang yang terlantar. Tingginya bisa mencapai 30 – 100 cm. Batangnya hijau atau merah, bercabang banyak, batang bulat ini mempunyai alur kacar memanjang. Daun ada yang hijau ada pula yang merah, berbentuk bulat telur memanjang, ujung lancip, sedangkan tepinya bergerigi halus hampir rata. Bunga merah muda atau ungu tumbuh di ujung-ujung cabang, berbentuk bulir sepanjang 3 – 10 cm. Dalam satu bulir terdapat banyak buah. Buah berbiji banyak, kecil, hitam mengkilap. Perbanyakan tanaman dengan biji.

Khasiat Daun Borocco (Celosia argentea L)Daun mengandung flavonoid dan polifenol. Rasanya pahit dan sejuk. Borocco dapat digunakan untuk mengobati disentri dan infeksi saluran kencing.

Adapun manfaat dari daun borocco adalah:

Mengobati Disentri dan infeksi saluran kencing

Cara pembuatan:

  • Rebuslah 30 – 60 gr tanaman borocco dalam 1 gelas air hingga tersica 1/3 gelas
  • Lalu saring dan minum

PERINGATAN!

  • Konsumsi berlebih bisa menyebabkan keracunan, dengan gejala rasa kering di tenggorokan. Namun rasa ini akan hilang jika penggunaan obat dikurangi atau dihentikan.
  • Kontraindikasi untuk tekanan bola mata meninggi.

Manfaat Daun Bunga Lilin

Tanaman bunga lilin mempunyai bunga serupa api lilin, tak heran jika ia dikenal dengan sebutan bunga lilin. Bunganya yang indah menyebabkan ia sering juga dibudidayakan sebagai tanaman hias. Ia akan tumbuh dengan baik di tanah subur dan gembur pada ketinggian 10 – 1500 m dpl.

khasiat bunga lilin (Pachystachys lutea L.)Semak tahunan ini tumbuh setinggi 30 – 100 cm. Batangnya kasar, hijau kecoklatan, dan beruas-ruas. Berdaun tunggal bentuk lanset, panjang 5 – 15 cm, ujung dan pangkal meruncing, hijau, permukaan kasar, pertulangan menyirip, tidak bertangkai, dan dalam posisi bersilang berhadapan. Bunganya berbentuk bulir, keluar di ujung batang atau cabang, merupakan bunga majemuk, seludang bunga bentuk oval dan tersusun seperti bongkol dengan ukuran beragam; kuning; kelopaknya kuning dan saling lepas, bentuk jarum, panjang 1 – 1,5 cm; benangsari 2; kepala sari berbentuk panah hijau; mahkota berbentuk paruh, ujung bercangap 2, asimetris, panjang 3-8 cm, halu putih. BuahnyĆ” bulat telur, kasar, hijau, termasuk buah kotak, dan panjang 3 – 8 mm. Bijinya banyak, bulat, hitam, dan keras. Akarnya coklat kehijauan, merupakan akar serabut. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara stek batang.
Daun bunga lilin antara lain mengandung:

  • Alkaloid
  • Pohifenol
  • Saponin
Baca Juga:  Resep Pengobatan Berbahan Daun Cabe Besar (Capsicum annuum L.)

Adapun daun ini bermanfaat sebagai obat diare.

Obat diare

Cara pembuatan:

  • Rebuslah 60 gr daun bunga lilin dalam 1 gelas air sampai mendidih selama 15 menit
  • Saring dan dinginkan
  • Minumlah airnya sekaligus, lakukan 2-3 kali sehari