Khasiat Daun Kembang Pukul Empat (Mirabilis jalapa L.) untuk Mengobati Bisul

Tanaman bunga pukul empat merupakan tanaman herba yang berasal dan Amerika Selatan, tanaman ini tumbuh tegak dengan tinggi bisa mencapai 20 – 80 cm. Tanaman ini memang mekar di sore hari dan kuncup kembali menjelang fajar. Tanaman ini biasanya banyak ditanam sebagai pembatas pagar atau tanaman hias. Tanaman ini bisa dijumpai di dataran rendah yang cukup sinar matahari maupun perbukitan, bisa tumbuh sampai di ketinggian 1200 m dpl. Jika ingin menanamnya maka yang harus diperhatikan bahwa kembang pukul empat menyukai lingkungan yang sejuk dengan sinar matahari yang cukup, dengan tanah gembur dan subur, dan dengan pH 6 – 7.

Khasiat Daun Kembang Pukul Empat (Mirabilis jalapa L.) untuk Mengobati BisulTanaman bunga pukul empat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Daunnya berwarna hijau, berbentuk seperti jantung, dengan panjang 2 -11 cm dan lebar 8 mm – 7 cm. Ujung daun meruncing, dengan pangkal membulat, tepi rata, letak berhadapan, tangkai daun sepanjang 6 mm – 6 cm.
  • Bunganya mempunyai bentuk seperti terompet, bunganya bisa berwarna kuning, putih, jingga, merah atau kombinasi warna (belang-belang). Kadang-kadang bunganya  bisa juga didapati warna campuran dalam satu pohon.
  • Mempunyai buah yang hitam, berbentuk telur, keras, dapat dibuat bedak. Bijinya bulat berkerut, ukurannya menjadi 8 mm ketika masak. Warnanya pun berubah dan hijau menjadi kehitaman hingga hitam sepenuhnya ketika masak. Sedangkan kulit umbi mempunyai warna coklat kehitaman, dengan bentuknya yang bulat memanjang, dengan panjang 7 cm sampai dengan 9 cm, dan diameternya 2 cm sampai dengan 5 cm, sedangkan isi dari umbinya biasanya warnanya putih.

Tanaman bunga pukul empat bisa dimanfaatkan untuk kesehatan diantaranya bagian daun, akar, bunga dan bijinya. Misalnya pada bunganya mempunyai kandungan bahan kimia seperti zat asam minyak 46,9%, zat tepung lemak 4,3%, dan zat asam lemak 24,4%. Kemudian pada akarnya terdapat kandungan β-xanthins. Adapun efek farmakologis dari tanaman ini adalah rasa netral, manis, tidak berbau, manis, dan sejuk. Tanaman ini mempunyai khasiat sebagai peluruh air seni/diuretik, antiradang/antiinflamasi, menghilangkan hambatan aliran darah, serta dapat memperlancar sirkulasi darah.

Baca Juga:  Manfaat Daun Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) untuk Kesehatan

Pada artikel kali ini akan diuraikan mengenai manfaat daun kembang pukul empat untuk kesehatan. Daun kembang pukul empat ini bersifat maturatif (mempercepat pematangan bisul), sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan daun dari tanaman ini untuk mengobati bisul. Selain itu juga, daun kembang pukul empat juga dapat bermanfaat untuk keputihan, dan beri-beri.

Berikut ini adalah resep pengobatan untuk mengobati bisul dengan memanfaatkan daun kembang pukul empat sebagai berikut:

Mengobati Bisul (mempercepat pematangan bisul)

Cara 1:

  • Oleskan minyak kemiri pada bisul
  • Lalu daun kembang pukul empat dilayukan di atas api
  • Kemudian ditempelkan pada bisul
  • Cara di atas diulangi sampai bisul matang

Cara 2:

  • Siapkan 10 lembar daun kembang pukul empat, lalu haluskan dan kemudian dicuci bersih
  • Kemudian ditambah sedikit air garam
  • Lalu tempelkan pada bisul dan daerah di sekelilingnya lalu dibalut dengan kasa

Demikianlah resep pengobatan bisul dengan menggunakan daun kembang pukul empat, sedangkan untuk manfaat yang lain dari tanaman ini seperti bunga, akar dan bijinya, akan dibahas pada artikel yang lainnya.