Khasiat Daun Kamboja (Plumeria acuminata Ait.) untuk Mengobati Bisul

Kamboja merupakan tanaman yang biasa ditanam sebagai tanaman hias di taman-taman, pekarangan, kuburan, atau tumbuh liar. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 1 – 700 ml dpl. Tanaman ini mempunyai bunga yang cantik. Tanaman kamboja merupakan anggota famili Apocynaceae yang berasal dari daerah Amerika tropik dan juga Afrika. Di Indonesia tanaman kamboja ini banyak tumbuh di area pemakan/kuburan. Khususnya di Bali tanaman kamboja sering dimanfaatkan sebagai pelengkap upacara keagamaan dan diyakini sebagai penerang jiwa. Selain sebagai hiasan, ternyata bunga kamboja bisa dimakan seperti bunga papaya.

Khasiat Daun Kamboja (Plumeria acuminata Ait.) untuk Mengobati BisulTanaman kamboja mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Merupakan pohon kecil, dapat tumbuh setinggi 3 sampai dengan 7 m dan mempunyai banyak cabang, bergetah.
  • Batang pokok kamboja besar, berkayu keras dengan cabang-cabang gemuk berdaging, tumbuh membengkok, cabang muda lunak dan memiliki tanda bekas tangkai daun yang telah lepas.
  • Memiliki daun tunggal, bertangkai panjang, duduk berkarang bergerombol di ujung tangkai. Helaian daun berbentuk lanset, kaku seperti kulit, mempunyai panjang 20 cm sampai dengan 40 cm, dengan lebar 6 cm sampai dengan 12,5 cm, tepi rata, ujung runcing, pangkal menyempit, tulang daun menyirip.
  • Bunga dalam malai rata, berbentuk terompet, berkumpul di ujung ranting, sisi dalam berambut, wangi, warna agak kuning, mahkota bunga putih atau merah.
  • Buahnya buah bumbung, saling berjauhan, memiliki buah sebanyak satu atau dua, berbentuk tabung memanjang yang gepeng, panjang 18 – 20 cm, lebar 2 cm, berongga dua, berwarna hitam kecoklatan, berbiji banyak.
  • Tanaman kamboja bisa dikembangbiakkan dengan stek batang atau biji.
Terdapat banyak kandungan senyawa kimia dalam tanaman kamboja yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Dengan adanya kandungan senyawa kimia tersebut, sehingga hampir semua bagian dari tanaman kamboja ini bermanfaat untuk kesehatan. Adapun kandungan kimia pada getah kamboja yaitu asam plumeria dan dammar. Pada daun dan akar kamboja mengandung senyawa fulvoplumierin, flavonoid, saponin, alkaloid dan polifenol. Sedangkan kulit batang kamboja mengandung polifenol, alkaloid, dan flavonoid.
Bunga kamboja banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, atau dibeberapa negara seperti China, Jepang, dan Taiwan, bunga kamboja banyak di proses menjadi minyak wangi dan teh seduh. Contoh manfaat bunga kamboja untuk kesehatan, diantaranya mengatasi demam pada anak, melancarkan keluarnya air seni, mengatasi sembelit. Sedangkan contoh manfaat getah kamboja adalah obat sakit gigi dan bahan antibiotik. Akar dan batang kamboja dapat digunakan untuk mengatasi kaki bengkak.

Pada artikel kali ini, fokus akan menjelaskan bagaimana manfaat daun kamboja untuk mengobati bisul. Walaupun terdapat manfaat lain daun kamboja seperti,  dengan dosis 1,5 mg daun kamboja berkhasiat menghambat perkembangan kuman TBC. Lalu rebusan daun kamboja juga dapat membantu meringankan serangan asma dan mengobati tumit pecah-pecah.

Baca Juga:  Khasiat Daun Bayam untuk Menyehatkan Kulit Wajah

Adapun resep pengobatan bisul menggunakan daun kamboja sebagai berikut:

Bisul

Cara pembuatan:

  • Siapkan beberapa daun kamboja
  • Lalu cuci sampai bersih daun kamboja tersebut
  • Kemudian panaskan Sampai lemas, lalu olesi minyak kelapa
  • Kemudian tempelkan pada bisul, hal tersebut dilakukan sampai bisul sembuh

Itulah cara pembuatan resep mengobati bisul memanfaatkan daun kamboja, semoga dapat mengobati bisul anda.