Khasiat Daun Jengger Ayam (Celosia cristata L.) Untuk Pengobatan Wasir dan Gangguan Penglihatan

Tanaman Jengger ayam merupakan tanaman bunga berumpun dan tanaman habitus herba semusim. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1000 ml dpl. Jengger ayam merupakan salah satu anggota famili Amaranthaceae, tanaman ini biasa dibudidayakan sebagai tanaman hias, dan biasanya banyak ditanam di taman-taman atau pekarangan rumah, karena tanaman ini memiliki bentuk bunga yang indah. Tapi karena tanaman ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan, maka tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman herbal. Sehingga jengger ayam saat ini banyak dengan sengaja ditanam oleh masyarakat di pekarangan rumahnya untuk digunakan sebagai tanaman obat.

Khasiat Daun Jengger Ayam (Celosia cristata L.) Untuk Pengobatan Wasir dan Gangguan PenglihatanAdapun ciri-ciri dari tanaman jengger ayam diantaranya adalah:

  • Tanaman ini dapat tumbuh tegak dengan ketinggian bisa mencapai 60 cm sampai dengan 90 cm. Mempunyai batangnya yang tebal.
  • Memiliki daun yang hijau dengan mempunyai motif garis merah di tengah daunnya, daunnya tunggal, dan bentuknya bulat seperti telur atau berbentuk lanset memanjang. Ukuran panjang daunnya 5 cm sampai dengan 12 cm dan lebarnya 3,5 cm sampai dengan 6,5 cm, kemudian daunnya tumbuh berseling. Memiliki daun yang ujungnya meruncing, sedangkan pangkal runcing membentuk tangkai, tepi rata.
  • Pada ujung batang atau ujung cabang keluarlah bunga dengan warna ungu, kuning, dadu, kuning atau merah, bentuknya seperti bulir, tebal berdaging dan bagian atasnya melebar seperti jengger ayam jago, bentuknya berlipat-lipat dan bercangap atau bercabang.
  • Memiliki buah yang retak saat masak, di dalam buahnya terdapat 2 atau lebih biji kecil.

Jengger ayam merupakan salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai sumber antioksidan.  Tanaman ini mempunyai khasiat farmakologis yaitu sebagai peluruh kencing, antiperadangan, hipertensi, menghentikan pendarahan, infeksi saluran kemih, mimisan, biduran, radang usus, disentri, wasir yang disertai pendarahan, radang lambung, keputihan dan haid yang tidak teratur. Berdasarkan penelitian, kandungan metabolit sekunder yang terdapat pada jengger ayam adalah sekelompok senyawa fenolik, yaitu flavonoid.

Baca Juga:  Khasiat Mengagumkan Daun Salam (Syzygium polyanthum) Bagi Kesehatan

Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui senyawa antioksidan yang terdapat pada tumbuhan jengger ayam ini belum terlalu banyak. Dari penelitian yang pernah dilakukan dapat diketahui bahwa jengger ayam merupakan sumber antioksidan yang potensial, karena kandungan utama jengger ayam adalah kelompok fenolik, khususnya flavonoid. Senyawa pada kelompok fenolik merupakan senyawa yang banyak berperan sebagai antioksidan. Selain fenolik, flavonoid juga memilik kemampuan dalam mereduksi radikal bebas.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai khasiat daun jengger ayam untuk pengobatan. Walaupun bunganya juga mempunyai khasiat yang banyak bagi kesehatan. Seperti penjelasan di atas, alasan kenapa daun jengger ayam bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, karena daun jennger ayam mengandung senyawa seperti flavonoida, saponin, serta polifenol.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun jengger ayam untuk mengobati ambeyen/wasir dan gangguan penglihatan, beserta resep pembuatannya:

Ambeyen/Wasir

Cara pembuatan:

  • Siapkan 2 Iembar daun jengger ayam
  • Lalu layukan 2 lembar daun tersebut dengan cara mendiamkannya di atas api
  • Setelah layu, kemudian tempelkan pada ambeyen/wasir yang meradang

Mengurangi gangguan penglihatan

Cara pembuatan:

  • Siapkan daun, bunga, dan batang jengger ayam secukupnya, kemudian tumbuklah ketiga bahan tersebut hingga menjadi sekitar 30 gr
  • Lalu rebus dalam 400 cc air hingga mendidih dan tersisa setengahnya
  • Kemudian saring dan minum selagi hangat, untuk menambah rasa bisa ditambah madu jika suka

Demikianlah manfaat/khasiat daun jengger ayam untuk pengobatan ambeyen/wasir dan gangguan penglihatan, pada artikel yang lain akan diulas mengenai manfaat bunga jengger ayam untuk kesehatan.