Daun Jambu Air (Syzygium aqueum) Ternyata Bisa Juga Dimanfaatkan untuk Pengobatan

Jambu air merupakan tanaman yang banyak tumbuh di sekitar kita, pada umumnya tanaman jambu air merupakan tanaman perdu setinggi 3 –  10 m. Tanaman ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, seringkali batangnya membengkok dan bercabang mulai dan pangkal pohon. Memiliki daun yang tunggal, bentuknya seperti jantung ovalis/elipticus ada juga yang berbentuk bulat telur terbalik lonjong, apabila daunnya diremas mengeluarkan sedikit berbau aromatis atau tidak berbau. Daun letaknya berhadapan, sedangkan panjang tangkai 0,5 – 1,5 cm. Karangan bunga berisi 3 – 7 kuntum, seperti malai terdapat pada ujung ranting/terminal atau terdapat di ketiak daun yang sudah gugur/aksial. Warna bunganya kuning agak putih, dengan panjang tabung kelopaknya kurang lebih 1 cm, daun mahkota bundar sampai berbentuk segitiga dengan ukuran 5 – 7 mm, benang sari antara 0,75 – 2 cm dan tangkai putik yang mencapai 17 mm.

Daun Jambu Air (Syzygium aqueum) Ternyata Bisa Juga Dimanfaatkan untuk PengobatanBuah buni berbentuk gasing, pangkalnya kecil namun ujungnya melebar ukurannya kurang lebih (1,5 – 2 cm) x (2,5 – 3,5 cm), mempunyai mahkota kelopak melengkung dan berdaging, bagian luar putih sampai merah. Daging buah putih, banyak mengandung air, hampir tak beraroma, rasanya asam atau asam manis, terkadang agak sepat. Biji berukuran kecil, terdapat 1 – 2 (kadang-kadang sampai 6) butir.

Buah jambu air kaya akan nutrisi (serat, protein, zat besi, kalsium, vitamin C, dan vitamin A). Selain itu juga, ternyata daun jambu air juga mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat pada daun jambu air diantaranya mengandung senyawa aktif yaitu:

  • Steroid
  • Senyawa saponin
  • Fenolik

Adapun beberapa manfaat daun jambu air untuk kesehatan diantaranya dapat mengatasi demam, bau badan, dan kesehatan yang berhubungan dengan sendi, tulang, kulit.

Baca Juga:  Khasiat Daun Bungur Kecil (Lagerstroemia indka L) untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa resep pengobatan berbahan daun jambu air dan cara pembuatannya:

Menurunkan panas demam khususnya pada anak-anak

Cara pembuatan:

  • Sediakan beberapa helai daun jambu air
  • Kemudian diremas-remas kecil
  • Lalu dimasukkan ke dalam wadah berisi air hangat
  • Gunakan air tersebut untuk mengompres penderita demam

Relaksasi dan menetralisir bau badan

Cara pembuatan:

  • Mandi dengan air yang sudah dicampur dengan remasan daun jambu air
  • Lakukan sampai hilang bau badannya

Mengusir sendi yang keseleo, bengkak, masuk angin, luka pada kulit, patah tulang

Cara pembuatan:

  • Remas-remaslah daun jambu air dan daun jeruk purut hingga halus dengan menggunakan tangan
  • Oleskan pada daerah yang sakit serta pijat perlahan
  • Jika sakit tulang sebaiknya dibalut dengan kain hitam agar minyak dari daun jambu air dan daun jeruk purut tersebut mudah meresap

Demikianlah beberapa resep pengobatan menggunakan daun jambu air yang banyak tidak diketahui oleh masyarakat, semoga anda bisa memaksimalkan manfaat dari daun jambu air ini.